Header Ads

MONITORING MENGGUNAKAN ESP8266 DAN ARDUINO UNO

Internet yang semakin luas jangkauannya membuat perkembangan teknologi juga semakin luas jangkauannya. Dulu yang bisa tersambung internet adalah komputer dan ponsel pintar. Sekarang, hampir semua peralatan bisa tersambung menggunakan internet. IoT atau Internet of Things adalah bentuk komunikasi dimana semua perangkat lunak dapat disambungkan. Caranya adalah sensor dihubungkan ke perangkat komputer atau arduino kemudian data hasil pembacaan sensor dikirimkan ke server. Selanjutnya data dapat diakses menggunakan browser atau aplikasi ponsel pintar semacam android.
ESP8266 adalah modul wifi murah meriah dengan harga 50ribuan ynag dapat digunakan untuk mengirim data ke server. Komunikasi ESP8266 dengan arduino menggunakan komunikasi serial (AT+Command).
Di atas adalah skema pin ESP8266. Rangkaian esp8266 dan arduino uno adalah sebagai berikut :
ArduinoESP8266
3.3 VVCC
3.3 VRST
3.3 VCH_PD
RXTX
TXRX
Algoritma di dalam sketch arduino dibagi menjadi 2 bagian, yaitu pada bagian untuk menyambungkan ke router wifi dieksekusi pada bagian void setup().
Selanjutnya adalah bagian untuk mengirim data ke server.
Sketch lengkap yang saya gunakan.
Selamat mencoba.
Untuk pembuatan aplikasi di servernya bisa lihat disini. Kalau mau langsung dicoba bisa membuat akun di smartfarm.fadlur.com/
Ada manfaatnya silahkan share, ada pertanyaan isi saja di kolom komentar. 
Sumber : http://www.fadlur.com/blog/iot-monitoring-menggunakan-esp8266-dan-arduino-uno/

No comments

close